Alami Menstruasi Terlambat? Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

Alami Menstruasi Terlambat? Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

Menstruasi terlambat ternyata bisa terjadi pada siapapun wanita dimana biasanya mens akan terjadi 5 hari dari tanggal seharusnya terjadi. Seperti yang sudah kita ketahui haid sendiri merupakan perubahan fisiologis pada tubuh wanita dimana akan terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh reproduksi estrogen maupun progresteron.

Adapun panjang siklus menstruasi yang normal biasanya adalah 21-35 hari dihitung dari tanggal pertama menstruasi di bulan sebelumnya hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Kendati demikian, ada banyak wanita mengalami siklus haid tidak teratur yakni bisa lebih cepat ataupun lambat. Namun, jika anda mengalami mens datang terlambat secara berturut-turut maka bisa melakukan pemeriksaan.

Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat

Siklus menstruasi yang datang terlambat biasanya disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti kehamilan, stress, olahraga secara berlebihan, berat badan berlebih alias obesitas, adanya penurunan maupun kenaikan berat badan secara signifikan hingga adanya kondisi penyakit kronis tertentu seperti celiac hingga gangguan tiroid.

Jika anda tidak ingin kondisi menstruasi terlambat ini maka bisa segera mengatasinya. Terdapat beragam cara yang bisa anda lakukan agar siklus haid bisa normal kembali atau tidak datang terlambat. Berikut ini

  1. Mengkonsumsi Vitamic C

Vitamin C sendiri ternyata dipercaya sebagai cara alami buat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar hormone progesterone didalam tubuh. Inilah yang nantinya akan membuat uterus ataupun Rahim berkontraksi sehingga dinding Rahim akan luruh dan terjadilah menstruasi.

  1. Diet Untuk Menjaga Berat Badan

Seperti yang sudah diketahui penyebab menstruasi terlambat ternyata disebabkan oleh obesitas atau berat badan berlebih. Itulah sebabnya anda bisa langsung melakukan diet sehat untuk membuatnya teratur. Cobalah memperhatikan asupan gizi yang anda terima untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Tetapi, anda juga perlu berhati-hati sebab kondisi tubuh terlalu kurus ternyata juga bisa menyebabkan haid datang tidak teratur. Sebab, tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi hormone yang bersangkutan dengan menstruasi.

  1. Mengurangi Aktivitas Fisik Berat

Agar siklus haid bisa kembali normal seperti biasanya maka anda bisa mengurangi aktivitas fisik terlalu berat seperti olahraga secara berlebihan. Perlu diketahui bahwa olahraga secara berlebihan bisa mengakibatkan kadar estrogen didalam tubuh tidak teratur sehingga bisa mengakibatkan darah haid keluar telat.

Kendati demikian, bukan berarti anda tidak boleh sama sekali berolahraga. Olahraga ringan bisa menjadi pilihan terbaik karena bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga membantu menstruasi agar bisa datang lebih cepat.

  1. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan alami untuk mempercepat menstruasi yang terjadi pada seorang wanita. Hal tersebut karena kunyit akan memberikan pengaruh terhadap kadar estrogen maupun progresteron didalam tubuh.

  1. Konsumsi Nanas

Untuk mengatasi menstruasi terlambat, maka bisa langsung mengkonsumsi nanas. Nanas sendiri kaya akan kandungan bromelain dimana merupakan enzim yang akan mempengaruhi estrogen maupun hormone lainnya. Enzim inilah yang dipercaya akan membantu meredakan inflamasi ataupun peradangan. Ini bisa mengatasi kondisi mens datang terlambat akibat inflamasi.

Walaupun cara mengatasi haid telat diatas bisa dijadikan sebagai pilihan. Tetapi anda tetap wajib melakukan konsultasi dengan dokter anda. sebab merekalah yang mengetahui kondisi menstruasi terlambat Anda.