Pentingkah Menerapkan Norma Kesopanan?

Pentingkah Menerapkan Norma Kesopanan?

Dalam pelajaran Kewarganegaraan dulu masih saat menjadi anak sekolah, kita diajarkan banyak mengenai berperilaku baik untuk menjadi warga negara yang baik. Pembelajaran menjadi warga negara yang baik memang penting diberikan sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan untuk menjadi habit atau perilaku yang baik bagi anak selama menjalani keseharian mereka di lingkungan negara Indonesia.

Peraturan yang secara tidak tertulis ada dalam kehidupan negara Indonesia adalah norma. Tidak hanya di Indonesia saja, negara didunia memiliki ragam norma yang berbeda berdasarkan kebudayaan dalam negara mereka. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa norma yang mengikat masyarakat sebagai kebudayaan yang mendarah daging di dalam lingkungan kemasyarakatan itu sendiri.

Sejak tadi disinggung, apakah sejatinya norma itu sendiri? Menurut Bellebaum, norma adalah sebuah alat untuk mengatur setiap individu dalam suatu masyarakat agar bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut. Nah, dari sini kalian sudah paham bukan sekilas mengenai norma? Apa sih contoh konkrit norma dalam masyarakat Indonesia?

Salah satu jenis norma yang ada dalam kebudayaan masyarakat Indonesia adalah norma kesopanan. Norma ini merupakan sebuah aturan tidak tertulis mengenai cara berperilaku antar sesama umat manusia yang berlaku dalam lapisan masyarakat. Dapat dijelaskan dengan mudah, norma kesopanan yang berlaku tersebut berkaitan dengan sopan santun.

Nah, dalam norma kesopanan yang diajarkan tersebut, kamu akan diajak untuk menghormati dan menghargai sesama umat manusia. Baik dalam perilaku maupun tutur kata yang diucapkan. Kaidah ini akan menuntunmu untuk berperilaku sesuai dengan ketetapan yang ada agar tidak dikucilkan dalam masyarakat karena tidak beretika.

Pembelajaran akan norma kesopanan sendiri diajarkan sedini mungkin oleh orang tua. Bahkan dalam bangku sekolah sendiri diajarkan untuk semakin menguatkan karakter yang dibentuk. Nah, norma kesopanan akan lebih mudah dipelajari oleh generasi penerus ketika kamu sendiri menerapkannya dalam keseharian kamu. Jadi, bisa dikatakan norma kesopanan merupakan kaidah yang diturunkan secara turun temurun oleh masyarakat dan sudah mendarah daging.

Perlukah menerapkan norma kesopanan? Tentu saja perlu dan sudah sewajarnya. Terutama jika dalam negara Indonesia yang masih menjunjung tinggi norma kesopanan tersebut.