Tujuan Seorang Muslim Diwajibkan Shalat Lima Waktu

Tujuan Seorang Muslim Diwajibkan Shalat Lima Waktu

Sebagai seorang muslim, ada beberapa kewajiban yang harus dijalankan dan semuanya dituangkan dalam rukun islam. Salah satu rukun islam adalah tentang menjalankan sholat lima waktu yang juga sering disebut sebagai tiang agama. Penting untuk memahami jadwal sholat karena ibadah ini memiliki waktu-waktu tertentu dalam pelaksanaannya.

Dalil tentang Sholat

Melaksanakan sholat bagi seorang muslim sifatnya wajib terbukti dari isi Al-Qur’an surat Taha (20:14). Di dalam surat Ta Ha tersebut disebutkan bahwa keutamaan utama dari shalat adalah supaya kita senantiasa mengingat Allah SWT. Setiap bacaan di dalam shalat juga berisi puji-pujian terhadap Allah sehingga seorang muslim bisa mengingat kebesaran Tuhannya.

Tidak hanya pada surat Ta Ha, shalat juga diperintahkan dalam Al-Qur’an di surah Al-‘Ankabut (29:45). Di dalam ayat tersebut berisi ungkapan bahwa seorang muslim diperintahkan untuk shalat serta membaca Al-Qur’an. Allah mengatakan bahwa ada banyak keutamaan dalam ibadah shalat jika dibandingkan dengan ibadah lainnya.

Sholat tidak hanya memberi dampak baik bagi kesehatan karena setiap gerakannya yang punya khasiat tersendiri. Ketika dilaksanakan dengan sepenuh hati, khusyu’ dan niat yang baik, shalat bisa menjaga hati seorang muslim agar terhindar dari perilaku buruk. Bahkan dikatakan bahwa shalat akan membantu menghindarkan dari perbuatan yang bersifat bathil atau buruk.

 Tujuan Diperintah untuk Shalat

Sholat sendiri dalam Islam diartikan sebagai doa yang juga berarti perbuatan dengan dimulai takbir dan berakhir di salam. Ada beberapa ketentuan yang harus dijalankan dalam melakukan ibadah shalat seperti dalam hal bacaan maupun gerakan. Lantas apa saja sebenarnya tujuan Allah memerintahkan makhluk-Nya untuk shalat?

1. Dzikir (Mengingat)

Ketika dijalankan berdasarkan jadwal sholat, ibadah ini diperintah agar manusia terus mengingat pencipta-Nya dan berkomunikasi. Melaksanakan ibadah sholat berarti ada penghambaan dan kepercayaan penuh serta semakin dekat dengan Allah.

Kegiatan mengingat dilakukan dengan sepenuh hati dan pernuh penghormatan, karenanya harus berwudhu dulu. Secara filosofi, bersuci ini merupakan ritual untuk meningkatkan kesiapan mental sekaligus pikiran dalam menghadap Allah.

2. Mencegah Perbuatan Munkar

Melaksanakan sholat bisa membantu seorang hamba tetap berjalan di bawah naungan agama dan terhindar dari kemunkaran. Secara kasar, kegiatan munkar ini dapat diartikan sebagai perilaku maksiat yang tidak diajarkan oleh sunnah dan syariat.

Salah satu perbuatan mungkar yang paling besar adalah mengingkari keberadaan Tuhan di muka bumi. Hal ini terbukti dari bacaan takbiratul ihram yang berarti pengakuan terhadap keberadaan Allah sebagai makhluk Maha Agung.

3. Mengajarkan Kerukunan

Tidak hanya pada sifat spiritualis saja, sholat juga mengajarkan hubungan yang baik antar sesama manusia. Ini terbukti dari beberapa hal salah satunya adalah bacaan pada bagian akhir sholat yang berupa salam berisi doa terhadap keselamatan sesama.

Nabi Muhammad juga bersabda bahwa setiap orang yang menjalankan perintah Allah, akan senantiasa tidak menyakiti orang lain. Selain itu, sholat juga dianjurkan untuk dijalankan secara berjamaah atau bersama-sama.

Sebagai salah satu dari rukun islam, sholat memegang peran utama dalam kehidupan seorang muslim. Artikel islami kali ini semoga bisa menjawab pertanyaan mengapa seorang muslim harus menjalankan ibadah shalat.